Cara efektif Memotivasi Belajar siswa

Sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan formal, secara sistematis merencanakan bermacam-macam lingkungan, yakni lingkungan pendidikan yang menyediakan berbagai kesempatan bagi peserta didik untuk melakukan berbagai kegiatan belajar. Dengan berbagai kesempatan belajar itu, pertumbuhan dan perkembangan peserta didik diarahkan dan didorong ke pencapaian tujuan yang dicita-citakan. Lingkungan tersebut disusun dan ditata dalam suatu kurikulum, yang pada gilirannya dilaksanakan dalam bentuk proses pembelajaran. Untuk bisa menciptakan kualitas pendidikan yang baik dan yang memenuhi persyaratan diatas diperlukan pengadaan teknologi yang tepat, dimana pendidikan yang tepat jatuh pada penggunaan alat pengolah data elektronik yang dalam kenyataan dan praktik berarti menggunakan komputer dengan semua sarana pendukungnya. Komputer merupakan pilihan yang paling tepat karena bisa menampilkan informasi dalam jumlah yang besar dan bervariasi, mempunyai cara kerja yang cepat dan aplikasi informasi yang dihasilkan sangat beraneka ragam.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan diantaranya menurut Deming (Uno B. Hamzah, 2008:86) adalah input mentah atau siswa itu sendiri. Senada dengan Deming tokoh pendidikan seperti Dicroly (Hamalik, 2006:157) juga berpandangan sama bahwa faktor siswa justru menjadi unsur penentu berhasil tidaknya pengajaran yang disampaikan oleh guru, sebab setiap siswa memiliki kondisi internal dimana kondisi tersebut sangat berperan dalam aktivitas belajar mereka sehari-hari, salah satu dari kondisi internal tersebut adalah motivasi.


Dalam proses belajar mengajar, motivasi merupakan salah satu faktor yang diduga besar pengaruhnya terhadap hasil belajar. Siswa yang motivasinya tinggi diduga akan memperoleh hasil belajar yang baik. Pentingnya motivasi belajar siswa terbentuk antara lain agar terjadi perubahan belajar ke arah yang lebih positif.

Menurut Nasution (Djamarah, 2002:166) “motivasi dalah kondisi psikologi yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu”. Proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi dalam belajar. Karena motivasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi siswa. Seringkali, peserta didik yang tergolong cerdas terlihat kurang menonjol karena tidak memiliki motivasi untuk mencapai prestasi sebaik mungkin. Dalam proses pembelajaran, motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak memiliki motivasi dalam belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.

Ada beberapa cara yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, baik itu secara internal siswanya sendiri maupun eksternal. Secara eksternal salah satunya adalah menyediakan kondisi belajar yang aman, nyaman, efektif dengan ditunjang oleh beberapa model pembelajaran yang bervariasi contohnya pembelajaran berbasis komputer. Dengan pembelajaran berbasis komputer diharapkan proses pembelajaran lebih efektif seperti yang diungkapkan oleh Dedi Mulyasa (2012:62) “efektivitas pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain: kualitas materi, kemampuan dan kreativitas guru, kondisi dan persiapan peserta didik, iklim kelas, sumber dan sarana pembelajaran, serta waktu”

0 Response to "Cara efektif Memotivasi Belajar siswa"

Posting Komentar

wdcfawqafwef