Kemajuan teknologi di zaman sekarang merupakan suatu kemajuan yang tidak
dapat dipungkiri dan dihindari lagi. Kemajuan teknologi juga berdampak besar
pada bidang pendidikan. Dalam bidang pendidikan kemajuan teknologi
dimanfaatkan untuk memberikan inovasi-inovasi baru, baik berupa media
pembelajaran, model pembelajaran maupun teori-teori yang di kombinasikan
dengan bidang keteknologian. Teknologi yang berkembang dan
diimplementasikan dalam dunia pendidikan kini lebih di kenal dengan teknologi
pendidikan yang pada umumnya merupakan pemanfaatan teknologi di dunia
pendidikan. Dari teknologi pendidikan ini lah banyak bermunculan inovasiinovasi
yang banyak memberikan kemajuan di bidang teknologi yang memberika
kemajuan dalam dunia pendidikan di indonesia.
Mata pelajaran TIK merupakan salah satu matapelajaran yang berkaitan erat
dengan perkembangan teknologi yang berkembang, dimana TIK menjadi pelopor
perkembangan teknologi yang saat ini berkembang, mata pelajaran TIK
merupakan mata pelajaran yang orientasinya adalah keterampilan dimana seperti
yang ada dalam acuan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dalam Riyana
(2005:28) tujuan khusus dari mata pelajaran TIK adalah :
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan Teknologi Informasi dan
Komunikasi yang terus berubah sehingga siswa termotivasiuntuk
mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi
sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisispasi
perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa
melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari secara mandiri
dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam penggunaan Teknologi Informasi
dan Komunikasiuntuk mendukung kegiatan belajar,bekerja, dan berbagai
aktifitas dalam aspek kehidupan sehari-hari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, dan
terampil dalam berkomunikasi, mengorganisasi informasi, belajar, dan
bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajarmandiri, berinisiatif, inovativ, kreatif,
dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan
Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah.
Add caption |
Dari tujuan yang ada tersebut kenyataan yang terjadi di lapangan nampaknya
belum tercapai dalam pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) yang ada di lapangan, dimana justru acuan tujuan yang
digunakan pembelajaran TIK masih menggunakan acuan yang sama dengan mata
pelajaran lain, padahal jika dikaji kembalai mata pelajaran TIK merupakan mata
pelajaran yang outputnya berupa keterampilan.
Pembelajaran TIK disekolah kebanyakan kurang mendukung untuk mencapai
tujuan dari mata pelajaran TIK yang dituangkan dalam acuan Kurikulim Berbasis
Kompetensi (KBK) yang telah di paparkan sebelumnya dimana pembelajaran
kebanyakan masih menggunakan pembelajaran konvensional dikarenakan
kurangnnya atau tidak tersediannya fasilitas untuk melakukan pembelajaran TIK,
namun perkembangan pembelajaran memungkinkan untuk memberikan solusisolusi
yang dibutuhkan dalam melakaukan proses kegiatan belajar mengajar
termasuk pada matapelajaran TIK.
0 Response to "Inilah Tujuan mata pelajaran TIK"
Posting Komentar